Apa Saja Isi Seserahan Pernikahan Yang Perlu Kamu Siapkan

 


Pada acara pernikahan atau lamaran umumnya ada prosesi pemberian hantaran seserahan pernikahan. Istiadat yang telah lama dilaksanakan semenjak dahulu ini menjadi prosesi semestinya dalam tiap acara pernikahan.

Apa saja isi seserahannya?

Untuk soal isi seserahan mungkin masih banyak yang keder sesungguhnya apa saja sih isi seserahan pernikahan dan apa saja item- item yang perlu dipersiapkan.

Yaudah segera aja Sputnik kasih tau apa saja sebenarnya isi seserahan pernikahan yang biasanya dibawa sebagai hantaran dari keluarga pria untuk sang wanita sebagai simbol bekal untuk kehidupan kelak sang wanita.

Kelengkapan Shalat / Ibadah

Sebagai bekal untuk sang wanita agar menjadi pendamping dan istri yang sholehah, maka sang pria lazimnya senantiasa menyiapkan hantaran peralatan ibadah ini. Sebagai bentuk dan simbol nasehatnya kelak kepada sang istri. Untuk isinya dimulai dari Mukena, sajadah, dan Al – Quran / Kitab suci.

Perlengkapan Mandi

Biasanya untuk kelengkapan mandi ini dimulai dari sabun, shampo, handuk, shower puff, produk perawatan tubuh, dan wewangian.

Baju Dalam

Pakaian dalam juga menjadi isi seserahan pernikahan yang perlu disiapkan nih. Untuk isinya mulai dari satu set underwear, lingerie dan juga pakaian tidur. Namun untuk urusan membelinya biasanya sang wanita sudah memilihkan barang – barangnya dan diserahkan terhadap sang pria untuk dihias ke dalam kotak seserahan supaya lebih cantik.

Peralatan Makeup

Nah untuk peralatan yang satu ini biasanya sang wanita amat concern nih, jadi biarkan para wanita yang memilihnya. Sebab selain itemnya lumayan banyak dan belum tentu pria paham, umumnya para wanita mempunyai brand khusus yang berbeda – beda untuk setiap produk kosmetik yang digunakan. Jadi para pria sebaiknya kalian duduk manis saja untuk menyiapkan items yang satu ini.

Perhiasan

Seserahan pernikahan berupa Perhiasan ini memiliki makna bersinar dan penuh keinginan. Akan melainkan untuk perhiasan menjadi seserahan yang bisa disepakati bersama pantas dengan budget kalian . Jika sang wanita mengharapkan, dan pihak pria dapat menyanggupi maka hantaran perhiasan dapat menjadi isi seserahan pernikahan yang akan diberi.

Kelengkapan Pesta

Kelengkapan pesta ini berjenis-jenis – variasi isinya. Mulai dari kebaya da kain, heels, ransel, dress, hingga jam tanggan.

Makanan & Buah-buahan

Sebagai format hantaran ngga komplit rasanya tanpa ada makanan dan buah – buahan. Untuk beberapa kultur tradisi semisal betawi seharusnya menyiapkan roti buaya dan juga ada sebagian tradisi yang membawa makanan manis agar garapan kehidupan calon pengantin kelak selalu manis.

Berapa kotak seserahan pernikahan yang perlu disiapkan?

Untuk jumlah kotak seserahan sebenarnya ngga ada ketentuan seharusnya. Semuanya dapat disesuaikan oleh kesepakatan bersama. Akan tetapi ada sebagian budaya seperti Jawa yang biasanya memberikan kotak seserahan berjumlah ganjil (5, 7, 9, 11 )

Isi seserahan pernikahan ini sebenarnya ngga ada item seharusnya banget yang seharusnya sama. Balik lagi semua isi seserahan pernikahan di dalamnya disesuaikan dengan budget kalian juga. Seserahan yang menjadi hantaran dari pihak pria ini biasanya berisi barang-barang keperluan sang calon pengantin wanita, yang nantinya akan diterapkan oleh sang wanita. Jadi bisa dibilang isi barang- barang seserahan pernikahan ini simbol bekal dikehidupan bagi sang wanita kelak.

Oh iya, seserahan pernikahan bukan hanya untuk wanita loh, melainkan ada juga isi seserahan pernikahan pria yang lazimnya menjadi prosesi simbolik tukar seserahan antar keluarga.

Untuk isi seserahan pria lazimnya lebih simpel dan tidak sebanyak isi seserahan wanita. Isi seserahan pria mulai dari parfum, dompet, baju kerja / formal, jan tangan, sampai sepatu. Tergantung sang wanita berharap memberikan apa saja karena hakekatnya isi seserahan untuk pria tak wajib.


Baca Artikel Terkait Tentang Daftar Barang Seserahan Pernikahan

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15

Comments on “Apa Saja Isi Seserahan Pernikahan Yang Perlu Kamu Siapkan”

Leave a Reply

Gravatar